Senin, 19 Maret 2012

Kisah George Harrison

Kelahiran
George Harrison lahir pada tanggal 25 Febuari 1943 tepatnya di Wavertree, Liverpool dan meninggal pada tanggal 29 November 2001 di Los Angeles, California, Amerika Serikat yang merupakan gitaris The Beatles sekaligus gitaris legenda dunia.

Karier Musik George
Album Harrison yang paling di kenal adalah All things must pass yang juga merupakan album terakhir yang di selesaikan sebelum The Beatles bubar. Harrison juga mempunyai sebuah mansion di Inggris yang bernama Friar Park yang di tinggalinya pada tahun !970-an hingga ia meningal. Dalam Mansion teersebut terdapat piano, ya terdapat studio rekaman yang di anggap lebih baik dari studio Abbey Road yang merupakan studio rekaman The Beatles. Di sana ia dengan mudah menciptakan lagu dan sebuah instrument lalu memproduksikannya kapanpun yang ia inginkan.
Pada tahun 1971 Ravi Shankar mengunjungi Harrison dan memberikan kabar tentang kondisi di Bangladesh yang sedang mengalami bencana, ratusan bahkan ribuan orang kelaparan, ia meminta Harrison untuk segera mengadakan konser amal dan bantuan. Harrison pun segera menghubungi teman-temannya sesama musisi lalu mereka mengelar konser dengan berjudul Concert For Bangladesh. Konser ini di kemas dalam bentuk album dan sangat laris yang hasil nya di sumbangkan kepada para pengungsi dan di kampanyekan kepada seluruh dunia untuk membantu negara tersebut.

Kehidupan Pribadi
Harrison menikahi seseorang bernama Pattie Boyd pada tahun 1966, namun pada tahu  1971 mereka bercerai karena tidak memiliki anak lalu Pattie menikah dengan sahabat Harrison, Eric Clapton tapi keduanya masih berteman baik. Pada tahun 1978 Harrison menikahi seorang yang berasal dari Amerika, Olivia Trinidad Arias yang merupakan karyawan perusahaan Harrison sendiri. Arias dan Harrison mempunyai seorang anak yang diberi nama Dhani, nama Dhani di ambil dari sebuah 2 not musik tradisional India.

Kematian Harrison
Pada tahun 1990-an Harrison terserang penyakit kanker tenggorokan karena kebiasaan nya merokok selama berpuluh puluh tahun, lalu penyakit itu berkembang menjadi kanker paru-paru yang menyebabkan kematiannya pada tahun 2001. segenap keluarga menyuratkan kalimat terakhirnya yang berupa "Segala sesuatunya dapat menunggu, namun dalam mencari Tuhan tidak dapat menunggu dan cintailah sesama".
setahun kematiannya Arias, Dhani Harrison, serta personel The Beatles yg masih tersisa (Ringgo Star dan Paul Mccartney) mengadakan konser yang berjudul Concert For Harrison yang bertujuan untuk mengenang Harrison berserta karya-karyanya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/George_Harrison

Nama : M. Rizky Kurniawan
NPM : 14511208
Kelas : 1PA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar